Apa Saja Penyebab Konstipasi dan Solusinya?

Konstipasi atau orang lebih mengenalnya sebagai kondisi susah buang air besar (BAB) secara teratur dapat dialami oleh siapa saja. Sulit buang air besar atau tidak bisa tuntas kurang dari tiga kali selama seminggu sudah dianggap sebagai masalah konstipasi. Tentunya hal tersebut dapat mengganggu dan bisa membuat perut buncit maupun badan kurang fit. Tingkat keparahan konstipasi tiap orang biasanya berbeda-beda, ada yang mengalaminya dalam jangka waktu lama tapi ada juga yang mengalaminya hanya dalam jangka waktu singkat. Untuk mereka yang menderita konstipasi dalam jangka waktu tidak sebentar, hal ini akan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Penyebab-Penyebab Konstipasi

Sebagai penyakit yang umum dan bisa diderita oleh siapa saja, ada banyak penyebab mengapa seseorang dapat menderita masalah ini. Ada yang mengatakan bahwa penyakit ini lebih banyak dialami oleh wanita ketimbang pria, apalagi saat mereka memasuki masa kehamilan. Selain itu, para lansia juga termasuk mereka yang sering mengalami konstipasi.

Berikut ini beberapa penyebab seseorang mengalami konstipasi:

  • Perubahan pola makan
  • Kurang minum
  • Kebiasaan mengabaikan keinginan untuk BAB
  • Jarang atau kurang aktif melakukan aktivitas olahraga
  • Kurang mengonsumsi makanan berserat
  • Efek samping dari mengonsumsi obat-obatan
  • Kelebihan atau kekurangan berat badan
  • Gangguan mental seperti cemas dan depresi, dsb.

Selain penyebab-penyebab di atas, gangguan BAB juga dapat terjadi karena menderita penyakit tertentu, misalnya saja diabetes, penyempitan atau penyumbatan usus, prolaps rektum, dll. Masalah konstipasi ini juga umum dialami oleh para wanita yang sedang hamil. Hal tersebut terjadi sebab tubuh mereka yang menghasilkan hormon progesteron. Jumlah hormon yang meningkat tersebut membuat usus mereka susah berkontraksi untuk mendorong kotoran keluar dari tubuh. Namun, Anda yang sedang hamil tidak perlu khawatir karena hal tersebut umum terjadi, tetapi bila mengganggu Anda dapat segera periksa ke dokter spesialis khususnya kehamilan untuk mengatasinya.

Anak-anak pun tidak lepas dari yang namanya konstipasi karena mereka juga bisa mengalaminya. Biasanya untuk anak-anak, susah buang air besar disebabkan oleh faktor seperti kecemasan saat memakai toilet, pola makan yang kurang sehat, masalah ketika latihan memakai toilet, dan masih banyak lagi.

Gejala-Gejala Konstipasi

Gejala paling umum jika seseorang menderita konstipasi ialah tentu menjadi sering susah buang air besar. Biasanya kurang dari tiga kali dalam waktu satu minggu, namun selain gejala tersebut masih ada gejala-gejala lainnya seperti:

  • Kotoran terlihat keras, kering, dan menggumpal
  • Ukuran kotoran dapat sangat kecil maupun sangat besar
  • Saat BAB, harus mengejan
  • Rektum terasa ada yang mengganjal
  • Proses BAB tidak tuntas
  • Perut terasa kembung melulu
  • Kram dan sakit perut khususnya di bagian bawah
  • Tidak nafsu makan
  • Mual

Solusi Mengatasi Konstipasi Atau Susah BAB

Ada berbagai cara untuk mengatasi konstipasi selain memeriksakan diri ke dokter kalau sudah dalam tingkat keparahan yang cukup tinggi. Berikut ini cara atau solusi mengatasi konstipasi yang bisa dilakukan:

  1. Menghindari konsumsi kafein karena dapat membuat dehidrasi
  2. Minum banyak air putih
  3. Jangan mengabaikan atau menahan keinginan untuk buang air besar
  4. Jangan lupa untuk rutin berolahraga, entah di pagi hari atau sore hari
  5. Saat buang air besar di toilet, coba letakkanlah lutut Anda lebih tinggi dari pinggul. Anda bisa memakai bangku atau dudukan kecil ketika sedang duduk di toilet untuk meletakkan kaki.

Selain cara-cara di atas, Anda juga diharuskan mengonsumsi makanan yang mengandung atau kaya akan serat. Makanan seperti buah-buahan yang mengandung banyak serat akan membuat proses BAB lebih lancar dan mudah. Tidak hanya buah-buahan, tetapi juga beras merah, sayuran, kacang-kacangan, serta biji-bijian. Mengonsumsi makanan-makanan tersebut juga berfungsi untuk mencegah konstipasi datang kembali.

Solusi Masalah Konstipasi Dengan Minum Fiforlif

Biasanya orang akan melakukan cara mudah paling akhir untuk melancarkan susah buang air besar yaitu dengan minum obat pencahar. Padahal obat ini dapat menimbulkan berbagai macam efek samping yang mengganggu kesehatan, apalagi jika tidak disertai dengan resep atau konsultasi dokter. Salah satu cara paling aman adalah dengan mengonsumsi produk Fiforlif.

Fiforlif adalah minuman herbal alami berupa jus fiber dalam bentuk instant yang berguna untuk mengatasi masalah konstipasi Anda tanpa efek samping yang membahayakan. Tidak hanya enak, tetapi Fiforlif ini mengandung goji berry atau wolf berry yang juga dicampur dengan berbagai macam sayur dan buah. Minuman ini akan membantu membuang sampah-sampah yang mengendap atau tertinggal di usus Anda sampai tuntas. Selain itu, Fiforlif tidak hanya membantu melancarkan proses BAB tetapi juga memberikan nutrisi yang berguna untuk tubuh kita.

Harga Fiforlif sangatlah terjangkau dan Anda dapat meminumnya secara rutin tanpa harus mengalami efek samping atau ketergantungan. Saat ini Fiforlif tengah menjadi produk yang diunggulkan dalam mengatasi masalah pencernaan susah buang air besar. Belilah produk Fiforlif asli dan terjamin kualitasnya.

Save

Save

Save

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *