Macam-Macam Buah Pengganti Cemilan

Ketika kita ingin menjadi langsing dengan berdiet demi memiliki tubuh ideal, maka sebaiknya makanan yang dikonsumsi harus betul-betul diperhatikan. Sebaiknya kita tidak mengonsumsi cemilan yang terlalu banyak mengandung lemak serta kalori, apalagi sampai berlebih sebab dapat menggagalkan diet sehat kita. Buat Anda yang hobi ngemil, macam-macam buah pengganti cemilan tentunya akan lebih baik untuk mengganjal perut ketika Anda terasa ingin ngemil. Buah-buahan ini selain rendah kalori dan lemak, juga lebih menyehatkan karena mengandung banyak vitamin, protein, dan nutrisi lain yang diperlukan oleh tubuh.

Daftar buah yang dapat dimakan sebagai pengganti cemilan

  1. Buah beri untuk menggantikan ngemil biskuit
    Biskuit yang mengandung banyak gula dapat diganti dengan macam-macam buah beri seperti stroberi dan rasberi. Buah-buahan ini selain lebih rendah kalori, juga mengandung serat yang tinggi sekaligus air, sehingga juga membuat perut kenyang sebagai pengganti ngemil biskuit.
  2. Buah apel untuk mengganti cemilan snack
    Snack seperti chiki-chikian yang mengandung pengawet serta bahan kimia amat sangat tidak disarankan karena buruk untuk kesehatan tubuh. Hal ini berlaku tidak hanya bagi Anda yang sedang berdiet. Ganti snack Anda dengan buah apel yang lebih menyehatkan. Tahukah Anda bahwa sebutir buah apel hanya mengandung 1 gram lemak, 5 gram serta, dan 115 kalori, jadi mengonsumsi buah apel sangat mengenyangkan dan lebih baik daripada ngemil.
  3. Salad buah dan sayur pengganti junk food
    Anda yang hobi ngemil entah di malah hari atau sedang bersantai kapan saja, biasanya membeli dan makan junk food karena rasanya yang enak. Tetapi, junk food ini diproses dengan cara yang tidak menyehatkan dan bahan-bahannya belum tentu bagus untuk tubuh kita. Jika tiba-tiba ingin ngemil, lebih baik membuat salad dari buah-buahan dan sayuran yang lebih menyehatkan, tambahkan dengan yogurt agar lebih sedap lagi.
  4. Jus buah alami untuk mengganti jus dalam kemasan
    Begitu banyak produk jus dalam kemasan yang meskipun mengklain mengandung buah-buahan, tetapi tetap saja masih tercampur dengan pemanis buatan serta perasa yang mengandung bahan-bahan kimia. Tidak hanya itu, kandungan tersebut bisa berdampak buruk jika dikonsumsi terus-menerus. Sebagai gantinya, Anda bisa membuat jus buah sendiri yang lebih menyehatkan dan tanpa bahan kimia seperti jus apel, jus pisang, jus mangga, jus stroberi, dan sebagainya.
  5. Alpukat yang menyehatkan jantung
    Memang banyak orang yang beranggapan alpukat tak baik untuk diet karena mengandung banyak lemak. Tetapi, rupa-rupanya buah satu ini mengandung lemak tak jenuh yang justru amat baik bagi kesehatan jantung Anda. Intinya, jangan hanya berfokus pada tubuh yang langsing, tetapi Anda juga harus memperhatikan kesehatan organ tubuh. Alpukat juga kaya akan vitamin C dan vitamin B sehingga lebih baik daripada ngemil snack-snack pabrik.
  6. Semangka dan melon
    Semangkan dan melon kaya akan air sehingga menyegarkan dikala Anda haus serta lapar. Tidak hanya itu, buah-buahan ini juga banyak mengandung potassium yang bagus untuk tubuh kita. Semangka dan melon bagus untuk mengganjal perut Anda yang lapar ketika jam makan belum datang ataupun sudah lewat, sedangkan Anda ingin ngemil berat.
  7. Jeruk nipis dan air kelapa
    Minuman bersoda buatan pabrik tidak baik untuk diet sehat Anda, karena mengandung kalori serta gula dan bahan pengawet lainnya. Ganti minuman bersoda Anda dengan jeruk nipis atau air kelapa yang lebih menyehatkan. Jeruk nipis dan air kelapa ini selain menyegarkan juga tidak kalah enak dengan minuman bersoda, belum lagi banyak mengandung vitamin.
  8. Buah-buahan kering untuk camilan sehat dan ringan
    Buah-buahan kering seperti blueberry, plum, aprikot, jeruk, dan nanas bisa dikonsumsi untuk menggantikan camilan-camilan Anda seperti permen, coklat, bahkan juga goreng-gorengan. Buah-buahan ini kaya akan serat, vitamin, antioksidan, dan buah kering ini juga hampir tidak mengandung lemak. Tetapi ingat, tetap batasi konsumsinya karena jumlah kalorinya lebih besar daripada buah segar.

Itulah macam-macam buah pengganti cemilan seperti snack dan minuman yang sering Anda konsumsi. Dengan mengganti cemilan kurang menyehatkan ditambah dengan pola makan serta olahraga, niscaya diet Anda akan maksimal dan lebih berhasil.

Infografis oleh: www.1health.id

 

Save

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *