Operasi Angkat Tahi Lalat Dari Laser Sampai Pembedahan

tahi lalat

Operasi angkat tahi lalat sering dipilih oleh banyak orang untuk menghilangkan tahi lalat yang mungkin mengganggu. Setiap orang pasti memiliki tahi lalat di bagian tubuh dan dengan jumlah yang berbeda-beda. Ada beberapa tahi lalat yang berada di tempat tersembunyi, tapi ada yang berada di wajah sehingga mengganggu pandangan, terlebih dengan tahi lalat yang membesar.

Alasan Dan Prosedur Melakukan Operasi Angkat Tahi Lalat

Hampir semua orang pasti memiliki tahi lalat dengan karakteristik masing-masing. Tidak jarang dari kita yang merasa kurang percaya diri karena adanya tahi lalat yang besar atau banyak. Tahi lalat seperti ini cukup mengganggu penampilan, terlebih tahi lalat tersebut dapat membesar. Oleh karena itu, banyak orang yang kemudian ingin menghilangkan tahi lalat ini melalui biaya operasi tahi lalat yang cukup mahal.

Ahli dermatologis atau dokter spesialis kulit menyarankan operasi tahi lalat jika terdeteksi adanya sel-sel abnormal pada tahi lalat. Alasan inilah yang sering digunakan dokter dalam menjalankan prosedur biopsi, yaitu prosedur pemeriksaan sel-sel tahi lalat dengan mikroskop.

Beberapa jalan dapat dilakukan untuk menghilangkan tahi lalat, tergantung dengan ukuran, bentuk, dan lokasinya. Langkah awal yang harus dilakukan adalah berkonsultasi pada ahli dermatologis atau dokter spesialis kulit. Dokter akan melihat kondisi tahi lalat terlebih dahulu. Apabila tahi lalat tersebut tidak mengalami perubahan ukuran atau bentuk berarti tidak membahayakan. Prosedur operasi angkat tahi lalat ini hanya dilakukan jika ada sel-sel kanker pada tahi lalat.

  1. Bedah Pencukuran

    Operasi ini sering dilakukan untuk operasi tahi lalat kecil dan lebih tinggi dibanding kulit di sekitar. Sebelumnya, dokter akan membius area dengan tahi lalat yang hendak diangkat melalui penyuntikan annetesi lokal. Setelah itu, dokter menggunakan pisau bedah untuk mengangkat semua tahi lalat yang lebih tinggi dari kulit di sekitarnya. Operasi ini tidak membutuhkan jahitan pada area pembedahan. Hal ini dikarenakan kulit biasa sembuh dengan cepat sekitar 1-2 minggu. Hanya saja, hasil dari operasi ini tidak menjamin jika tahi lalat tidak akan tumbuh lagi.

  2. Laser

    Biasanya, prosedur medis untuk operasi tahi lalat ini digunakan untuk menghilangkan tahi lalat dengan kondisi yang rata dengan permukaan kulit dan warnanya cokelat. Operasi ini dilakukan dengan penembakan sinar khusus ke daerah yang terdapat tahi lalat untuk menghilangkan pigmen yang berwarna cokelat.

    BACA JUGA: 4 Terobosan Teknologi Terbaru Dibidang Medis

  3. Pembedahan Eksisi

    Pembedahan eksisi bertujuan untuk menghilangkan tahi lalat yang berukuran besar. Hampir sama dengan operasi tahi lalat hidup pencukuran di mana dokter menggunakan pisau bedah dalam pengangkatan bagian tahi lalat sampai ke akarnya. Kemudian, bekas kulit yang terdapat tahi lalatnya akan dijahit.

Tips Mencegah Kemunculan Tahi Lalat

Setiap orang memiliki ciri khas tersendiri mengenai letak, bentuk, warna dan jumlah tahi lalat. Salah satu penyebab timbulnya tahi lalat adalah karena faktor genetik. Selain itu, faktor lingkungan pun juga ikut berpengaruh, seperti bagaimana kita merawat kulit dan lain sebagainya. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya tahi lalat, selain karena faktor genetik:

  1. Menghindari Paparan Sinar Matahari

    Sinar matahari mulai menyengat sekitar pukul 10.00 sampai 14.00 jadi usahakan untuk tidak keluar rumah pada waktu itu. Jika bisa, alihkan jadwal pada pagi hari atau sore hari. Namun, jika memang tidak bisa maka Anda dapat melakukan kedua tips di bawah ini. Selain itu, Anda bisa mengenakan payung atau topi untuk mengurangi paparan sinar matahari.

  2. Melindungi Tubuh Dengan Pakaian

    Semakin modern semakin banyak model baju. Salah satunya adalah maju dengan model mini sehingga kulit kita akan terbuka lebih banyak. Apabila kita keluar dengan pakaian terbuka maka kulit kita akan terkena sinar matahari secara langsung. Oleh karena itu, jika ada rencana untuk keluar rumah, terlebih pada siang hari maka gunakan pakaian yang tertutup untuk melindungi kulit.

  3. Gunakan Tabir Surya SPF 50

    Tabir surya berguna untuk melindungi kulit kita dari bahaya sinar matahari dan debu atau polusi ketika berada di luar rumah. Tabir surya yang baik mengandung SPF 50 sehingga lebih efektif dalam menangkal radiasi sinar matahari.

Demikian alasan dan berbagai macam prosedur dilakukannya operasi angkat tahi lalat. Semoga bermanfaat.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *